Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

Jumat, 14 Juli 2017

Trik Cara Mengetahui Spot Mancing Di Laut Yang Banyak Ikannya

Spot Mancing Ikan Di Laut,- Untuk spot tempat banyak ikan di air asin umumnya ada pada daerah laut lantaran yang benar-benar dominan air asi yaitu adalah laut. Mancing di laut memanglah lebih seru karena ada lebih banyak spesies ikan di dalamnya, umumnya spot yang di pakai oleh pemancing laut yaitu pemecah ombak, dermaga, rumpon, serta spot yang lain. Bahkan juga ada cara yang bagus mancing di laut yaitu dengan teknik popping dengan spot batu karan yang menonjol ke permukaan air.

Sebetulnya inti dari tempat banyak ikan yaitu pada daerah laut yang di dasarnya banyak karang, dengan memakai teknik dasaran serta jigging ini juga akan ampuh saat memancing ikan di laut. Lantaran di mana karang laut merupakan tempat hidupnya beragam ikan yang ada di dalamnya. Bila anda seorang pemancing yang menyukai mancing di laut serta tengah mencari info mengenai spot tempat banyak ikan di air asin/laut berikut saya akan memberikan beberapa trik cara mengetahui spot tempat yang banyak ikan di air asin/laut seperti berikut ini.

Trik Cara Mengetah Spot Mancing Ikan Di Air Asin/Laut.

1. Spot Jurang Laut/Tubiran (drop off)

Drop off atau bahasa indonesianya tubiran laut adalah dasar laut dari yang plat dan menjorok atau mendadak ke dalam atau seperti jurang, di sinilah merupakan lokasi yang sangat strategis untuk memancing ikan. Banyaknya ikan berada di lokasi ini hal ini disebabkan oleh aliran arus laut yang membawa serta plankton naik ke atas sehingga akan turut mengundang banyak ikan kecil untuk berburu makanannya di lokasi tersebut. Ikan-ikan kecil inilah yang akan menjadi perhatian dan incaran bagi ikan-ikan besar.

Gambar Tubiran laut

2. Spot Karang Gunung Laut (sea mount reef)

Karang gunung laut atau dalam bahasa asing dikenal dengan sea mount reef merupakan lokasi di mana terdapat banyak ikan. Berdasarkan ilustrasi di atas bisa kita amati di tempat ini arus laut akan tertahan oleh gunung sehingga arus tersebut akan naik dan membawa plankton di mana hal ini akan memancing kembali datangnya ikan-ikan kecil dan selanjutnya sesuai dengan rantai makanannya makanan ikan kecil akan menjadi santapan ikan besar. Selain itu gunung laut tersebut  pada dasarnya adalah karang di mana banyak di tumbuhi biota laut yang sangat disukai oleh ikan.

Untuk mengetahui keberadaan sea mount reef tentunya kita harus membutuhkan alat bantu. Cara melihat dan menggambarkan sea mount reef dapat dilakukan dengan menggunakan peralatan seperti depth sounder maupun fishfinder.

3. Air Laut dengan Suhu yang Hangat

Untuk mengetahui lokasi ikan di laut, kita juga bisa mencari lokasi yang air lautnya hangat. yang harus anda pahami juga yaitu ketika anda sampai di tujuan atau spot mancing yang sudah di tentukan, sebaiknya anda segera meraih atau memegang air laut. Rasakanlah suhu tersebut, apakah air laut terasa sangat dingin atau tidak. Jika air terasa dingin sekali sementara suhu udara di sekitar tempat  itu terasa biasa saja bahkan hangat, maka bisa dipastikan kemungkinan ikan akan memakan umpan di tempat itu relatif kecil.

Namun akan sebaliknya, jika anda mendapati suhu air yang terasa hangat, kemungkinan tempat tersebut berpotensi besar terdapat ikan dan hal ini menjadi kunci sukses memancing yang akan anda dapatkan. Lalu apa tindakan kita jika merasakan suhu air laut yang terasa dingin? Sudah jelas, segeralah pindah atau mencari spot mancing yang baru, dan setiap ada titik tertentu yang menjadi spot mancing anda , rasakan kembali kondisi airnya. Lakukanlah hal itu berulang kali sampai anda menemukan spot dan titik mancing di mana air terasa hangat dibandingkan suhu air di tempat lain.


Beberapa tempat yang biasanya air lautnya hangat adalah lokasi-lokasi di dekat muara, di mana terdapat aliran air sungai yang masuk disertai suhu kehangatan air sungai yang berbeda dengan kondisi suhu air laut. Lokasi lainnya adalah di mana biasanya terdapat air buangan dari boiler atau mesin uap dari pembangkit listrik. Lokasi laut di sekitar PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) atau PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) biasanya bersuhu hangat karena digunakan dalam proses pendinginan mesin-mesin pembangkit listrik, kemudian sisanya baru di buang ke air laut kembali. Namun biasanya lokasi seperti itu tertutup dan tidak boleh sembarangan orang bisa memasukinya.

4. Keberadaan Burung-burung Laut dan Ikan Boling

 Jika anda menemukan suatu tempat di laut yang banyak burung-burung beterbangan di atas permukaan air laut, bisa di pastikan di perairan laut itu terdapat banyak ikan kecil seperti ikan sarden dan ikan teri. Ikan-ikan kecil ini merupakan santapan dan buruan ikan yang lebih besar. Mulai dari ikan cendro, giant travelly, ikan tongkol, barakuda sampai tengiri biasanya akan berkumpul di lokasi di mana banyak terdapat ikan-ikan kecil di permukaan di mana bisa kita amati dengan kehadiran sekumpulan burung laut di atasnya.


Pada saat banyak ikan-ikan kecil di permukaan laut biasanya akan dibarengi dengan adanya ikan-ikan rombongan yang saling berebut dan pesta berburu makanan yaitu ikan-ikan kecil itu. Kondisi seperti ini dikenal dengan istilah  kondisi boling atau laut bagai mendidih dikarenakan banyaknya ikan-ikan yang beterbangan menyambar ikan-ikan kecil. Di daerah laut selatan, tepatnya di pacitan biasanya, hal itu disebut ikan ngracak.

5. Keberadaan Kayu dan Sampah yang Terapung di Laut

Jika anda menemukan batang kayu besar atau sekumpulan batang-batang kayu kecil atau sampah-sampah lain di laut yang menggerombol terbawa arus ke lokasi tertentu di tengah laut, biasanya di bawahnya biasanya ada ikanikan kecil yang sedang berburu plankton yang terbawa oleh kayu dan sampah-sampah tersebut. Dan tentunya ikan yang berukuran besar akan tertarik juga oleh kehadiran ikan-ikan yan berukuran kecil.

Itulah pembahasan mengenai "Trik Cara Mengetahui Spot Mancing Di Laut Yang Banyak Ikannya", mudah-mudahan dapat membantu anda para pemancing yang tengah mencari info tentang cara mengetahui spot mancing di laut, semoga bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Pages

Blogger Tutorials

Blogger Templates

Sample Text

Copyright © Pemancing Jitu | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com & Distributed By Protemplateslab