Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

Minggu, 16 Juli 2017

Cara Membuar Racun Ikan Dengan Bahan Alami

Cara Membuat Racun Ikan Alami,- Menangkap ikan tidak hanya cuma dapat dikerjakan dengan alat pancing saja tetapi dapat juga dengan menggunakan toksin/racun ikan. Menangkap ikan dengan menggunakan racun ikan akan lebih mendapatkan ikan yang semakin banyak baik itu racun ikan yang di pakai pada sungai, waduk, danau serta kolam ikan. Namun perlu diingat pemakaian racun ikan sebaiknya yang aman pada lingkungan dan aman pada ikan yang juga akan dikonsumsi kita.

Meskipun sekarang ini sudah banyak racun ikan yang di buat dengan cara modern dengan bahan kimia tetapi racun ikan akan lebih aman apabila di buat dengan bahan yang alami. Mulai sejak dahulu kala menangkap ikan dengan racun yang dibuat dari alam telah banyak yang dipakai serta beberapa bahan untuk membuat racun ikan itu masih tetap dilestarikan oleh sebagian orang-orang, bila anda tengah mencari info mengenai membuat racun ikan dengan bahan alami berikut adalah beberapa tumbuhan yang dapat dibuat menjadi bahan alami racun ikan :

1. Akasia Sp

Akasia Sp

Akasia sp merupakan tumbuhan peneduh yang banyak di tanam di sepanjang jalan raya. Tanaman ini juga kerap di temukan hidup secara liar di aliran sungai. Anda juga bisa menggunakan daun dan biji akasia sebagai racun alami untuk membuat ikan merasa lemas. Cara membuatnya yauitu tumbuk daun dan biji akasia sampai cukup halus, lalu taburkan ke suatu spot perairan yang disinyalir sebagai sarang ikan. Hati-hati saat menggunakan tumbuhan ini sebab akasia juga cukup beracun bagi manusia.

2. Tuba Sp

Tuba Sp

Tuba sering dipakai oleh masyarakat di asia pasifik untuk meracuni ikan. Spesies tanaman ini yang paling banyak digunakan adalah derris elliptica. Bagian yang dapat dibuat menjadi racun ikan dari tanaman ini ialah akarnya. Akar tuba mengandung rotenora yakni suatu senyawa beracun yang juga dapat diolah menjadi insektisida untuk mengendalikan serangga. Untuk membuat racun ikan dari tuba, anda perlu menggali akar tanaman ini lalu di potong dan dikeringkan selama 3-4 hari. Setelah itu, akar tuba kering tadi lantas ditumbukan dan dicampuri air secukupnya.

3. Tephrosia Sp

Tephrosia Sp

Tephrosia atau biasa dikenal pula dengan sebutan tanaman kedelai liar. Julukan ini bukan tanpa sebab karena tephrosia memang kerap ditemukan tumbuh secara liar di kebun atau ladang. Batang dan akar tephrosia ternyata cukup ampuh membuat ikan-ikan di sungai mabuk kepayang. Anda hanya perlu menumbuk kasar bagian batang dan akar dari tanaman kedelai liar ini. Kemudian merendamnya di dalam air dan menggonyang-goyangkannya supaya air sari yang terkandung di dala tanaman bisa keluar dan bercampur dengan air.

4. Baringtonia Sp

Baringtonia Sp

Baringtonia juga banyak digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan racun ikan alami. Tanaman ini mudah dikenali dari bentuk buahnya yang sangat unik. Namun di balik keunikan buah tersebut terdapat kandungan senyawa yang cukup mematikan bagi ikan. Anda juga bisa menggunakan biji baringtonia. Pembuatan racun ikan menggunakan baringtonia cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu memetik beberapa buah baringtonia. Berikutnya tumbuklah buah tersebut sampai halus. Hasil dari tumbukan ini lantas bisa anda tebarkan di sungai.

5. Costus Sp (pacing tawar)

Costus Sp (pacing tawar)

Costus atau biasa di bilang pacing tawar adalah tanaman hias yang kini banyak digemari oleh masyarakat perkotaan. Keindahan utama dari tanaman ini terletak pada bagian bunganya yang sangat unik dan menyerupai sikat botol. Tak disangka. akar tanaman yang begitu indah ini ternyata dapat membuat ikan-ikan yang memakan air sarinya akan mengalami pingsan untuk sementara waktu. Anda hanya perlu mengambil beberapa akar costus/pacing tawar lalu menumbuknya sampai halus. Kemudian tumbukan akar pacing tawar ini dimasukkan ke dalam air yang menurut anda banyak terdapat ikan di dalamnya.

Itulah pembahasan mengenai "Cara Membuat Racun Ikan Dengan Bahan Alami", yang dapat anda buat serta pakai untuk menangkap ikan yang membandel tidak ingin makan umpan pancingan sehingga memakai cara paling cepat yakni dengan meracuni ikan itu menggunakan racun ikan alami sehingga masih tetap aman untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Pages

Blogger Tutorials

Blogger Templates

Sample Text

Copyright © Pemancing Jitu | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com & Distributed By Protemplateslab